Amankan Eksekusi Tanah, Polres Ende Kerahkan Personil Gabungan

Amankan Eksekusi Tanah, Polres Ende Kerahkan Personil Gabungan

TribrataNewsEnde - Personil gabungan TNI-Polri melaksanakan pengamanan kegiatan eksekusi tanah bertempat di Jln. Diponegoro, Kel. Onekore, Kec. Ende Tengah, Kab. Ende, oleh Pengadilan Agama Kabupaten Ende terkait dengan perkara sengketa waris antara pihak penggugat Siti Saudah H. Muhamad Saada Binti Suwatun, dkk dengan pihak tergugat Jumadin Bin A. Hamid, dkk, dengan obyek sengketa tanah seluas 2851 M2, Selasa (14/01/20) pagi.

Kegiatan pengamanan di awali dengan apel bersama di pimpin langsung Kapolres Ende Achmad Muzayin,SIK, dan diikuti oleh personil gabungan Polres Ende, Kodim 1602 Ende, Kompi 3 Yon B Satbrimob NTT, Kipan 743 Ende, dan Subden POM TNI AD Wilayah IX Ende.

Pelaksanaan eksekusi dilaksanakan guna menindaklanjuti amar putusan mejelis hakim tingkat kasasi yang menguatkan putusan pengadilan tinggi kupang Nomor  2 / Pdt.G/ 2018/ PTA. KP yanga mana pihak tergugat Jumadin Bin A. Hamid, dkk mendapat hak atas tanah yang menjadi obyek sengketa seluas 1966 M2 sedangkan pihak penggugat Siti Saudah H. Muhamad Saada binti Suwatun dkk mendapat hak atas tanah tersebut seluas 950, 33 M2.

Sebelum pelaksanaan eksekusi di mulai, terlebih dahulu dilakukan pembacaan penetapan eksekusi oleh panitera Pengadilan Agama Ende.

Selesai pembacaan penetapan, dilanjutkan dengan pengukuran batas - batas tanah objek eksekusi sesuai ukuran dalam putusan oleh pihak BPN Kab. Ende.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan pengosongan / pembongkaran dua unit rumah semi permanen yang berada diatas lokasi yang menjadi hak pihak penggugat dengan menggunakan eksafator.

Dalam pelaksanaan sempat terjadi penolakan dari pihak yang kalah, namun dapat diredam oleh tim negosiator Polres Ende, sehingga pelaksanaan eksekusi dapat berjalan aman dan lancar.

Pengamanan Eksekusi dipimpin langsung oleh Waka Polres Ende Kompol Dance Elias Day, didampingi Kabag Ops, Kabagren,Kasat Reskrim, Kasat Intelkam, Kasat Narkoba, Kasat Sabhara, Kasat Binmas dan Kasi Propam Polres Ende, dengan melibatkan personil gabungan TNI-POLRI sebanyak 149 Personil

Seluruh rangkaian kegiatan berakhir pukul 17.00 Wita dan dilanjutkan dengan kegiatan apel konsilidasi, situasi aman terkendali.