Wujudkan Kamseltibcar, Sat Lantas Polres Ende Gelar FGD Bersama Instansi Terkait

Wujudkan Kamseltibcar, Sat Lantas Polres Ende Gelar FGD Bersama Instansi Terkait

TribrataNewsEnde - Dalam rangka meminimalisir angka kecelakaan selama pandemi Covid 19, Satlantas Polres Ende bersama Instansi terkait menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan Tema " KAMSELTIBCAR LANTAS DALAM MASA PANDEMI COVID-19 DI KAB. ENDE", Kamis (17/9/20) pukul 11.00 wita.

Acara yang digelar di Ruang PPKO Polres Ende tersebut dihadiri Waka Polres Ende
Kompol I Ketut Suka Abdi, Kasat Lantas Polres Ende, Akp Febrian Eko Putra, S.I.K, Kadis PUPR Kab. Ende. Ir. Lewang Fransiskus, Kadis Perhubungan Kab. Ende. Mustakim Mberu, ST.,MT., Kasatker PJN Wil.IV NTT, Achmad Trunajaya, ST.,MT, Kabid Perhubungan Darat
Zaenudin Ismail, Kanit Dikyasa Polres Ende. Aipda M.Tamsil dan Penyiar RRI Ende (Moderator) Maria E. Kara.

Adapun materi yang dibahas dalam Forum Group Discussion (FGD) dari Kasat Lantas yakni
Upaya satlantas dalam meminimalisir angka kecelakaan selama pandemi covid 19, dengan melakukan sosialisasi dan himbauan secara persuasif kepada pengguna jalan agar tetap mematuhi aturan lalu lintas, serta protokol kesehatan.

Dari Kadis Perhubungan Melakukan uji kelayakan kendaraan umum secara berkala, peremajaan rambu - rambu lalu lintas, dan upaya penertiban kepada para pedagang kaki lima yg berjualan di trotoar.

Dari Kadis PUPR Meningkatkan sarana dan prasarana jalan di Kabupaten Ende berupa Memperbaiki trotoar, Drainase, Lampu penerangan jalan.

Sedangkan dari Kasatker PJN Wil.4 NTT, Upaya melakukan pelebaran jalan nasional di Kab.Ende dengan standar minimal 7 meter, Pemasangan Rambu - rambu lalu lintas, Pelebaran Drainase serta trotoar.

Hambatan yang dihadapi yakni masih banyak pengendara yang belum memahami aturan berlalu lintas, sarana pendukung jalan yang masih banyak di salah gunakan oleh masyarakat.
dan masih banyak kendaraan yang tidak layak jalan serta mobil barang digunakan menjadi angkutan umum.

Kesimpulan dari 4 (empat) Instansi terkait sepakat untuk bekerja sama dan saling berkoordinasi untuk menyikapi setiap permasalahan Kamseltibcar lantas yang ada di Kab.Ende, sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.