Sambut Hari Raya Idul Adha 1442 H, Kapolres Ende Hadiri Rapat Bersama Forkopimda Kab.Ende

Sambut Hari Raya Idul Adha 1442 H, Kapolres Ende Hadiri Rapat Bersama Forkopimda Kab.Ende

TribrataNewsEnde.Com - Dalam Rangka Menyambut Hari Raya Idul Adha 1442 H Dalam Masa Pandemi Covid-19 di Wilayah Kab. Ende, Kapolres Ende AKBP Albertus Andreana, S.I.K., menghadiri rapat terbatas bersama Forkopimda Kabupaten Ende,bertempat di halaman Rumjab Bupati Ende, Kamis (15/07/21) pukul 11.45 wita.

Rapat Terbatas bersama Forkopimda Kab. Ende  dipimpin oleh Bupati Ende Drs. H. Djafar.H. Achmad, MM dan dihadiri oleh Unsur Forkopimda Kab. Ende, Wakil Ketua DPRD Kab. Ende, Kaban Kesbangpolda Kab. Ende dan Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. Ende.

Adapun beberapa hal yang disampaikan dalam rapat tersebut yakni penyampaian dari  Bupati Ende bahwa dalam rangka hari raya Idul Adha 1442 H dengan situasi Covid-19 ini, pelaksanaan perayaan sholat Idul Adha dan pemotongan kurban akan dilaksanakan di masing - masing masjid dan akan melakukan koordinasi dengan ta'mir masing- masing masjid di wilayah Kab. Ende serta dalam pelaksanaan sholat idul adha tidak terlalu lama dalam penyampaian khotbah.

Untuk kegiatan PPKm Mikro akan berkahir pada tangga 22 juli 2021, namun dengan situasi covid-19 seperti ini kita akan tetap mendisiplinkan masyarakat dalam mamatuhi prokes yang ada.

Penyampaian dari Wakil Ketua DPRD Kab. Ende bahwa menjelang idul adha kegiatan ibadah akan dilakukan di masjid masing - masing dengan tetap menerapkan prokes yang sudah di tetapkan. Diharapkan perlu dilakukan dan kerja sama dengan tokoh agama maupun tokoh masyarakat sehingga dapat pelaksanaan sholat idul adha akan dilaksanakan di masing- masing masjid disekitar lingkungan masyarakat masing- masing.

Agar perlu dilakukan himbauan di tiap- tiap masjid dalam rangka pelaksanaan sholat idul adha, agar setiap masjid menyiapkan perlengkapan yang sudah ditetapkan sesuai prokes, dalam menekan tingkat penyebaran Covid-19 di Kab. Ende.

Penyampaian dari Kajaksaan Negeri Ende bahwa dalam pelaksanaan sholat idul adha diharapkan peran serta kita semua serta mematuhi prokes yang sudah ditentukan.

Dalam pelaksanaan idul adha agar penyampaian khotbah tidak terlalu lama sehingga pelaksanaan sholat tetap dilakukan namun tidak terlalu lama di suatu tempat yang mengumpulkan banyak orang.

Sementara itu dari Kapolres Ende menyampaian bahwa diharapkan dalam kegiatan ibadah sholat idul adha agar menekan betul tentang prokes sehingga dapat menekan tingkat penyebaran covid-19 di Kab.Ende.

Sesuai dengan pertemuan dengan PHBI kab. Ende dengan situasi seperti ini sholat idul adha akan dilakukan di rumah masing - masing. Untuk pemotongan kurban bisa dilakukan dimasing- masing masjid disetiap lingkungan masjid.

Untuk saat ini tingkat penyebaran Covid-19 di Kab. Ende sudah sangat tinggi, diharapkan dengan perayaan idul adha ini agar pelaksanaan sholat betul- betul diperhatikan masalah  prokes sehingga tingkat penyebaran dapat ditekan.

Penyampaian dari Ketua DPRD Kab. Ende diharapakan dapat memberikan pemahaman terkait perayaan sholat idul adha sehingga tidak terjadi gejolak sosial di masyarakat.

Perlu peran serta baik dari tokoh agama, tokoh masyarakat, juga pemerintah dalam hal ini kecamatan dan keluarahan agar mampu memberikan pemahaman ke masyarakat terkait pelaksanaan sholat idul adha, dengan tingkat penyebaran Covid-19 di kab. Ende yang semakin hari semakin tinggi.

Terakhir penyampaian dari Dandim 1602- Ende terkait isolasi mandiri diharapkan dilakukan ditempat- tempat yang sudah ditentukan, dan tidak ada isolasi dilakukan dirumah serta untuk di luar kota maupun dalam kota, agar diisolir ditempat yang sudah ditentukan.

Menjelang idul adha agar masyarakat tidak melakukan takbir keliling maupun pemotongan korban dilakukan dimasjid masing- masing dan tidak ada ditentukan titik- titik untuk dilakukan pemotongan kurban.

Hasil dalam pertemuan tersebut yakni sebagai berikut :
- Untuk pelaksanaan Sholat Idul Adha 1442 H dilaksanakan pada masjid masing- masing dan disesuaikan dengan kapasitas Masjid serta tetap memperhatikan protokol kesehatan.
- Memperpendek pelaksanaan sholat Idul Adha 1442 H
- Pelaksanaan malam takbiran ditiadakan
- Untuk pemotongan hewan kurban dilakukan di rumah pemotongan hewan (RPH) dan di masing- masing Masjid.
- Dinas kesehatan harus menyiapkan APD dalam mencegah klaster- klaster baru covid-19 di Kab. Ende.
- Pelaksanaan vaksinasi terhadap masyarakat tetap ditingkatkan.
- Harus segera dibuatkan tempat isolasi terpusat pada tingkat Kelurahan dengan mengunakan anggaran Desa.

Rapat berakhir pada pukul 13.30 wita serta berjalan aman dan lancar.(Humas Polres Ende)