Pilkades Serentak, Kapolres Ende Pimpin Apel Pergeseran Pasukan

Pilkades Serentak, Kapolres Ende Pimpin Apel Pergeseran Pasukan

TribataNewsEnde.Com - Bertempat di Lapangan Apel Polres Ende, telah dilaksanakan Apel Pergeseran Pasukan (Serpas) dalam rangka Pengamanan Pemungutan dan perhitungan suara Pilkades serentak Tahun 2020 Kab. Ende, Senin (21/12/20) pukul 07.00 wita.

Bertindak sebagai Inspektur Apel Kapolres Ende AKBP Albertus Andreana,S.I.K.,, Perwira Upacara AKP I Wayan Oka Deswanta, SE, dan Komandan Upacara IPDA Haruna serta di ikuti oleh Waka Polres Ende, Pasi Ops Kodim 1602 Ende dan Para Perwira Polres Ende.

Dalam amanatnya, Kapolres Ende Albertus Andreana,S.I.K, menyampaikan, apel ini sebagai bentuk kesiapan petugas keamanan dalam mengantisipasi dan mengamankan pilkades serentak tahun 2020 di Kabupaten Ende..

"Apel ini bentuk kesiapan kami menyambut pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Ende," jelas Kapolres Ende.

Lebih lanjut Kapolres menyampaikan bahwa tahap pemungutan suara Pilkades serentak 2020 di wilayah Kabupaten Ende terdapat beberapa potensi kerawanan. Oleh karena itu, marilah kita mempersiapkan diri secara profesional dan proporsional dalam pengamanan. Jalin sinergitas dengan TNI, penyelenggara Pilkades, masyarakat dan mitra keamanan lainnya dalam menghadapi potensi gangguan dalam Pilkades.

“Dan perlu saya tegaskan, agar seluruh personel pengamanan tetap menjaga netralitas dengan tidak berpihak kepada calon tertentu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat selama pengamanan pilkades serentak 2020. Serta tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19.,” pesan Kapolres.

Selanjutnya, Kapolres mengimbau agar pengamanan mengedepankan kegiatan Pre-emtif, Preventif secara humanis yang didukung kegiatan Intelejen dan Penegakan Hukum serta tetap mengikuti perkembangan situasi jangan under estimate.

Sebelum saya mengakhiri amanat ini, saya sampaikan beberapa hal yang perlu menjadi perhatikan kita bersama antara lain :

1. Jaga netralitas TNI POLRI dalam pelaksanaan pengamanan.

2. Lakukan Galang terhadap Toga, Tomas, Todat untuk membantu Polri dalam pelaksanaan pengamanan.

3. Lakukan pengawalan dan pengamanan melekat surat agar tidak berpotensi terjadinya kecurangan.

4. Tingkatkan sinergitas, keterpaduan TNI-POLRI dan stakeholder lainnya dalam pelaksanaan pengamanan bersama - sama menyelesaikan setiap permasalahan yang akan muncul terkait pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2020.

Demikianlah amanat saya, semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan, perlindungan dan kekuatan kepada kita semua, dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara.

Diketahui, pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2020  di wilayah Kab. Ende sebanyak 13 Desa yang tersebar di 8 Kecamatan dengan jumlah TPS sebanyak 17 TPS, sehingga dalam pelaksanaan Pilkades tahun 2020 Polres Ende mengerahkan personil pengamanan sebanyak 192 Personil yang terdiri dari 13 orang Pamatwil Desa Pilkades, 36 orang Pam TPS, siaga Mapolsek 83 orang dan siaga Mapolres 60 orang.(Humas Polres Ende)

.