Pastikan Keamanan, Gabungan Personil Polres Ende Amankan Kegiatan Penjemputan Uskup Agung Ende di Bandara H. Hasan Aerobosman Ende

Pastikan Keamanan, Gabungan Personil Polres Ende Amankan Kegiatan Penjemputan Uskup Agung Ende di Bandara H. Hasan Aerobosman Ende

TribrataNewsEnde.Com - Untuk Menjamin keamanan, Ratusan personil gabungan Polres Ende diterjunkan untuk mengamankan kegiatan penjemputan uskup agung Ende terpilih Mgr.Paulus Budi Kleden,SVD di Bandara H.Hasan Aerobosman Ende. Sabtu (10/8/2024) Pukul 13.00 Wita.

Hadir dalam kegiatan penjemputan tersebut Pj. Bupati Ende berseta ibu, Pj. Bupati Ngada beserta ibu, Pj. Bupati Nangakeo beserta ibu, Kapolres Ende, Dandim 1602 Ende serta Forkompimda Kabupaten Ende dan tamu undangan lainnya.

KabagOps Polres Ende AKP Syafruddin sebagai Karendalpamres mengatakan bahwa dalam kegiatan penjemputan uskup Agung Ende terpilih kami Polres Ende menerjunkan 230 Personil yang sudah kita floting di setiap simpul yang dilalui rombongan." Pengamanan ini merupakan bagian dari tugas Polri untuk memastikan setiap kegiatan masyarakat berjalan dengan aman dan lancar." Ucapnya.

Adapun rangkaian kegiatan penjemputan Uskup Agung Ende terpilih Mgr. Paulus Budi Kleden, SVD 

- Pukul 14.30 wita, Uskup Agung Ende keluar dari Ruang VIP Bandara H. Hasan Aroebusman Ende, dilakukan pengalungan serta sapaan adat menggunakan bahasa Daerah dan diiringi dengan tarian berjalan ke gerbang utama bandara H. Hasan Aroebusman Ende.

- Pukul 14.45 Wita, Bapak Uskup Agung Ende terpilih, dengan menggunakan mobil  bergerak menuju kediaman / uskup Agung Ende yang berada di Ndona dengan rute Simpang Lima Ende, Jln. Gatot Subroto, Jalan jurusan Ende.

- Sesampainya  di depan Brimob Ende rombongan Bapak Uskup Agung Ende terpilih berhenti dan disambut oleh atraksi Drum Band siswa / siswi Madrasah Aliyah Negeri Ende, selanjutnya menuju simpang patung Marilonga. 

-  Di depan patung Marilonga Ende, Uskup Agung Ende disambut oleh sapaan adat serta diterima oleh perwakilan lima tokoh agama di Kabupaten Ende, 

- Selesai prosesi di depan patung Marilonga Uskup Agung Ende melanjutkan perjalanan menuju Istana Keuskupan Agung Ende.

- Sesampainya pertigaan Kantor Camat Ndona, rombongan Uskup Agung terpilih disambut oleh atraksi Drum Band siswa / siswi Syurdikara Ende, sampai di gerbang utama taman rohani Keuskupan Agung Ende, Uskup Agung Ende terpilih diterima secara adat oleh Moslaki Ndona.

- Pukul 17.00 Wita Uskup Agung Ende terpilih bersama dengan para imam dan kpnsultores melakukan  ziarah ke makam  uskup terdahulu, dan dilanjutkan dengan doa dan ibadah internal. 

- Pukul 19.00 Wita, bertempat di Halaman tengah keuskupan dan taman rohani keuskupan kegiatan dilanjutkan dengan makan malam bersama.

Seluruh rangkaian kegiatan Uskup Agung Ende terpilih Mgr. Paulus Budi Kleden, SVD, dilaksanakan pengaman terbuka dan tertutup oleh personil Polres Ende dan dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Ende.

Sesuai rencana Pentahbisan Uskup Agung Ende terpilih akan dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2024 di Gereja Katedral Ende, yang akan dihadiri oleh Duta Besar Vatikan.