Kapolres Ende & Dandim 1602 Ende Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Turangga 2020

Kapolres Ende & Dandim 1602 Ende Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Turangga 2020

TribrataNewsEnde.Com - Bertempat di lapangan Apel Polres Ende, Kepolisian Resor Ende menggelar Apel Gelar Pasukan dalam rangka kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin Turangga 2020, dengan Tema " Melalui apel gelar pasukan operasi lilin turangga 2020, kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di tengah pandemi covid 19 ", Senin (21/12/20) pukul 08.00 wita.

Bertindak selaku pemimpin apel, Dandim 1602/Ende Letkol Inf. Nelson Paido Makmur Marpaung,S.Ip. didampingi Kapolres Ende AKBP Albertus Andreana, S.I.K, Perwira Apel
Kabag Ops Polres Ende Akp I Wayan Oka Deswanta,S.E, dan Komandan Apel Kasikeu Polres Ende Ipda I Gede Wisna,S.H.

Apel ini dihadiri oleh Kajari Ende, Ketua Pengadilan Negeri Ende, Kaban Kesbangpol, Kadis Dishub Ende, Kasi Ops Kodim 1602 Ende, Dan Pos AL, Dan Sub Den Pom Ende serta Para PJU Polres Ende..

Dandim 1602/Ende Letkol Inf. Nelson Paido Makmur Marpaung,S.Ip. yang membacakan amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si, menyampaikan bahwa apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi "Lilin 2020" dalam rangka mengamankan perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, baik pada aspek personil maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan Mitra Kamtibmas lainnya.

Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2020 yang akan dilaksanakan selama 15 hari, mulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.

Untuk itu, saya harapkan seluruh Kasatwil mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat dan efesien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai dengan karakteristik kerwanan pada masing-masing daerah.

Dalam kesempatan yang penuh semangat dan rasa kebersamaan ini, beberapa penekanan saya untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas yakni sebagai berikut

1. Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YHE.

2. Lakukan deteksi dini dengan memetahkan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

3. Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

4. Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system.

5. Laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas.

6. Mantapkan kerja sama, sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

7. Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran covid-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Sebelum mengakhiri amanah ini, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personil dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam operasi lilin 2020, semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini akan menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

" Sekecil apapun peran yang diberikan kepadamu, itu akan memberi catatan sejarah bagi perjalanan hidupmu, yang suatu saat bisa kamu torehkan dan ceritaqkan kepada anak cucumu kelak "

Tidak lupa, pada kesempatan yang baik ini saya juga mengucapkan " Selamat Hari Raya Natal 2020 Dan tahun Baru 2021.

Demikianlah amanah saya, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan dan keselamatan kepada kita dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat bangsa dan negara dalam bingkai persatuan dan kedamaian.

Usai apel, dilanjutkan dengan pemusnahan barang bukti minuman keras hasil operasi Kepolisian yang dilakukan oleh Kepolisian Resor Ende dalam rangka Operasi Pekat Tahap II 2020 dan Operasi KRYD yang dilakukan oleh Satres Narkoba Polres Ende.

Adapun barang bukti minuman beralkohol jenis moke yang dimusnahkan saat ini sebanyak 615,5 Liter terdiri dari 24 Jeligen ukuran 35 L., 17 Jeligen ukuran 5 L, 7 Botol aqua besar ukuran 1,5 L dan 25 Botol aqua sedang ukuran 600 ML.

Pemusnahan Barang bukti berakhir dengan acara penandatanganan berita acara pemusnahan oleh Kabag Ops Polres Ende, Petugas Kejaksaan Negeri Ende Petugas Pengadilan Negeri Ende dan Petugas Balai Pom kabupaten Ende. (Humas Polres Ende)