Kapolres Ende Dan Anggota Polres Ende Turut Hadir Sekaligus Kawal Pelaksanaan Kegiatan Parade Pesona Kebangsaan (Parade Darat) Memperingati Hari Lahir Pancasila

Kapolres Ende Dan Anggota Polres Ende Turut Hadir Sekaligus Kawal Pelaksanaan Kegiatan Parade Pesona Kebangsaan (Parade Darat) Memperingati Hari Lahir Pancasila
Foto : Kapolres Ende AKBP Andre Librian, S.I.K bersama jajaran Forkompimda Kabupaten Ende dalam acara Parade Pesona Kebangsaan memperingati Hari Lahir Pancasila
Kapolres Ende Dan Anggota Polres Ende Turut Hadir Sekaligus Kawal Pelaksanaan Kegiatan Parade Pesona Kebangsaan (Parade Darat) Memperingati Hari Lahir Pancasila

tribratanewsende.com - Pada hari Rabu tanggal 31 Mei 2022, Pukul 09.15 Wita, bertempat di Pelabuhan Soekarno, Jln. pasar, Kel. Mbongawani, Kec. Ende Selatan, Kab. Ende, setelah rangkaian Parade Pesona Kebangsaan (Parade Laut) selesai, dilanjutkan dengan kegiatan selanjutnya yaitu Parade Pesona Kebangsaan (Parade Darat) masih dalam rangka Memperingati Hari Lahirnya Pancasila 01 Juni 2023 di Kab. Ende.

Kegiatan dihadiri oleh Bupati Ende didamping oleh ibu, Wakil Bupati Ende didampingi oleh ibu, Unsur Forkompinda Kab. Ende, Danlanal Maumere, DanKapal KRI Escolar 871.

Dalam sambutannya, Bupati Ende Drs. H. Djafar H. Achmad, MM menyampaikan bahwa perjalanan perjuangan Bung Karno selama menjalani masa-masa di pengansinganya suasana kota Ende jaman itu, tidak disangka menjadi motivasi untuk semakin memperjuangkan kemerdekaan untuk RI. Pergaulan dengan berbagai pihak di kota ini melandasi dirinya untuk makin menguatkan tekadnya karena ia menemukan suasana sosial budaya masyarakat yang sangat signifikan, Untuk kita pahami bersama bahwa keberagaman warga di kota Ende bukan fenomena baru, tetapi sudah menjadi warna khas sejak dulu. Toleransi antar warga di kabupaten Ende khusus di kota ini telah menjadi budaya yang telah mengakar sejak mengeksplor perbedaan untuk menguatkan solidaritas dan toleransi merupakan nilai-nilai Dasar Pancasila.

Bupati Djafar juga menambahkan "Sebagai warga kota Ende, kita tentunya harus berbangga karena telah menjadi bagian sejarah terbesar Bangsa Indonesia dimana dari sudut kota ini tepatnya di bawah pohon Sukun telah menginspiransi Bung Karno menemukan Butir-butir Pancasila dasar Negara kita. Tugas kita saat ini bagaimana mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari dan terus mempertahankan Pancasila sebagai dasar Negara kita. Mari Kita terus gelorakan semangat Pancasila di hati sanubari kita agar sampai kapanpun Pancasila selalu menjadi rumah ideal bagi keanekaragaman dengan menjaga keamanan dan menciptakan suasana yang kondusif. Mari terus kita gelorakan dengan suara lantang "Pancasila Rumah Kita dari Ende untuk Indonesia.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun oleh Humas Polres Ende, Adapun rute Parade Kebangsaan yang dilalui sebagai berikut : 
- Star Pelabuhan Soekarno Ende - Jln. Pabean - Jln. Soekarno - Jln. Kartika - Jln. Perwira (situs Bungkarno) Jln. Mahoni - Jln. Perwira - Jln. Yos Soedarao - Jln. Kemakmuran - Kuburan ibu Amsi - Jln. Nusantara - Jln. Pasar - menuju taman renungan Soekarno.

Kegiatan berjalan aman, tertib dan lancar, berakhir pukul 12.30 WITA. (ZED 51AP)