Kabagops Polres Ende Hadiri Rakor Tiga Batu Tungku Antara Pemda Ende Dengan Para Tokoh Adat Wilayah Kabupaten Ende

Kabagops Polres Ende Hadiri Rakor Tiga Batu Tungku Antara Pemda Ende Dengan Para Tokoh Adat Wilayah Kabupaten Ende

TribrataNewsEnde.Com - Bertempat di Museum Tenun Ikat Jalan Sukarno, Kelurahan Kota Raja, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, telah dilaksanakan Kegiatan Rapat Koordinasi Tiga Batu Tungku Antara Pemerintah Daerah Kabupaten Ende dengan Para Tokoh Adat Wilayah Kabupaten Ende, Jumat (12/8/22) Pukul 15.00 Wita

Kegiatan dihadiri oleh Bupati Ende Drs. H. Djafar H. Achmad,MM, Ketua DPRD Kab. Ende Fransiskus Taso,S.Sos, Sekda Kab. Ende Dr. dr. Agustinus Gadja Ngasu, Kapolres Ende AKBP Andre Librian, S.I.K. diwakili oleh Kabag Ops Polres Ende AKP I Wayan Oka Deswanta, S.E, Pasi Ter Kodim 1602/Ende Kapten Inf. Yus Kasmir Tomo Tani, Para Asisten Setda Kabupaten Ende, Para Pimpinan OPD Lingkup Setda Kabupaten Ende, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Ende Drs. Nikolaus Nuka, Para Camat, Lurah Dan Kepala Desa Wilayah Kabupaten Ende serta Para Tokoh Adat / Mosalaki Wilayah Kabupaten Ende.

Adapun Susunan acara Kegiatan yakni Penyambutan rombongan Mosalaki dan para Camat beserta para Lurah dan Kepala Desa Wilayah Kabupaten Ende oleh Bupati Ende dan Jajaran Forkopimda Kabupaten Ende. Pejabat daerah bersama jajaran Forkopimda memasuki rumah adat. Sapaan Bupati Ende. Upacara weti bako (Makan siri pinang secara adat). Seremoni Taga Kamba (Sembeli Kerbau) dan dilanjutkan dengan Gawi bersama di Tugu Adat.

Bupati Ende Drs. H. Djafar H. Achmad, M.M., dalam sapaannya menyampaikan bahwa Rakor tiga batu tungku merupakan agenda tahunan Pemerintah Daerah Kabupaten Ende dalam rangka menyatukan pemahaman antara pemerintah daerah dan stakeholder dalam kerangka tiga batu tungku yakni pemerintah, tokoh adat dan tokoh Agama untuk menentukan arah pembangunan daerah ke depan.

Rakor ini rutin dilaksanakan sejak masa kepemimpinan Marsel Djafar jilid I yakni tahun 2014 namun dalam waktu dua tahun terakhir pelaksanaanya ditiadakan karena dalam masa pandemi Covid-19.

Khusus pelaksanaan tahun ini peserta yang hadir sedikit berkurang dari segi jumlah karena mengingat masi dalam masa pandemi.

Sebagai Bupati Ende, saya ingin pemerintah dan para tokoh adat bersama-sama membangun ende, kebersamaan dan persahabatan antara pemerintah dan toko adat harus abadi dalam membangun Kabupaten rahim Pancasila ini.

Dalam rakor ini, kepada segenap toko adat akan disampaikan paparan tentang rencana pembangunan Kabupaten Ende ke depan, seperti wisata adat dan sebagainya.

Pada kesempatan ini hadir bersama kita jajaran Forkopimda Kabupaten Ende dan Kapolres Ende tidak berkesempatan hadir karena harus mengikuti vicon terkait persoalan di Mabes Polri yang sedang heboh di media saat ini.

Untuk diketahui rangkaian kegiatan rakor akan dilanjutkan pada 13 Agustus 2022.Kegiatan rakor tiga batu tungku kali ini dipadukan dengan perayaan menyambut HUT Kemerdekaan RI ke - 77 tingkat Kabupaten Ende.

Kegiatan Berakhir Pukul 16.15 wita, Situasi Terpantau aman terkendali.(HumasPolresEnde)